Pages

Senin, 02 Januari 2012

Surat Permohonan Pemateri

No. : 09/S.Per/Pan.Lomba/ SMF-KIP/ UK-ML/ V/ 2011 Malang, 14 Juni 2011
Lamp : I lembar
Hal : Permohonan Pemateri

Kepada Yth.
Ketua LP3L Universitas Kanjuruhan Malang
Drs. Choirul Huda, M.Si
Di tempat

Salam ta’dzim kami haturkan semoga Bapak dalam keadaan sehat wal’afiat, sehingga dapat melaksanakan tugas sehari - hari dengan lancar. Amien
Selanjutnya sehubungan akan diadakannya Kegiatan Diklat dan Lomba Kepenulisan RPP dengan tema Menjadi Guru Profesional Melalui Pemantapan Perangkat Pembelajaran oleh Senat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, pada :
Hari : Sabtu
Tanggal : 25 Juni 2011
Jam : 09.30 - 11.30 WIB
Tempat : Aula Sarwakirti Universitas Kanjuruhan Malang
maka dengan ini kami memohon kesediaan Bapak agar berkenan menjadi Pemateri dalam kegiatan tersebut.
Adapun judul materi yang kami ajukan adalah : Kepenulisan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Demikian Permohonan ini kami buat. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Ketua Pelaksana





Musawwir
NPM. 080401070013

Sekretaris





Sulik Fajarwati
NPM. 090401090230

Mengetahui;
Dekan FKIP






Drs. Abdoel Bakar TS, M.Pd
NIP. 195201101987031001

Ketua Senat FKIP






Ach. Emil Salim
NPM. 080401050025

Sistematika Penulisan RPP dalam kegiatan lomba RPP tingkat Fakultas di Universitas Kanjuruhan Malang

Lampiran 1
Sistematika Penulisan RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar (satu KD saja)
Indikator
I. Tujuan Pembelajaran
II. Materi Pembelajaran
III. Model/Metode Pembelajaran
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Akhir
V. Alat/Sumber dan Media Pembelajaran
VI. Penilaian

Lampiran-Lampiran
a. Rangkuman Materi Pembelajaran
b. Soal dan Kunci Jawaban
c. Instrumen Penilaian yang digunakan
d. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
e. Penilaian Proses / Kinerja
f. Lembar Penilaian Evaluasi / Rekapitulasi Nilai
g. Pengayaan*
h. Kartu Informasi*





Lampiran 2
TEKHNIK PENULISAN RPP

1. Ditulis dengan format font Times New Roman
2. Ukuran tulisan 12
3. Spasi 1,5
4. Kertas yang digunakan A4
5. Ukuran Top : 3 cm, Buttom : 3 cm, Right : 3 cm, Left : 4 cm
6. Halaman sampul memuat
 Tulisan “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”
 Logo Universitas Kanjuruhan Malang
 Nama Penulis dan NPM
 Program studi
 Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan
 Universitas Kanjuruhan Malang
 Tahun Pembuatan
7. Sampul mika warna hijau















Lampiran 3
JADWAL DAN SUSUNAN ACARA LOMBA DAN DIKLAT KEPENULISAN RPP
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG 2011


Kontribusi Peserta Rp. 10.000,00
Pendaftaran Lomba
Kamis - Senin
09 – 20 Juni 2011

Penilaian oleh Juri
Selasa – Jum’at
21 – 24 Juni 2011

Pengumuman Pemenang dan Presentasi Pemenang
Sabtu, 25 Juni 2011
Gedung G7 dan G8

Diklat kepenulisan RPP

No Hari/ Tanggal Waktu Kegiatan
1 Sabtu 25.06.2011 07.00 – 08.00 WIB

08.00 – 08.05 WIB
08.05 – 08.10 WIB
08.10 – 08.15 WIB
08.15 – 08.30 WIB
08.30 – 09.30 WIB
09.30 – 11.30 WIB

11.30 – 12.00 WIB Persiapan dan Presensi
Sambutan – Sambutan
1. Ketua Pelaksana
2. Ketua SENAT- FKIP
3. Dekan FKIP
4. Pengumuman Pemenang Lomba
5. Presentasi Pemenang
Kepenulisan RPP
Tim LP3L UNIKAN Malang
Penutup (Doa)


Fasilitas :
1. Sertifikat Kegiatan
2. Piagam Lomba
3. Makalah
4. Snack + Air Mineral
5. Uang Pembinaan Bagi Juara I, II, dan III
6. Ilmu yang Bermanfaat
7. 10 besar bebas memilih tempat PPL yang bekerjasama dengan LP3L UNIKAN Tempat Pendaftaran :
 Sekretariat Bersama SMF-KIP Universitas Kanjuruhan Malang (Gd. E8 Lt. II)
 Serambi Al-Farabi (Lt. I)

Info lebih lanjut hubungi :
1. Novi Alfaturossida (085815125961)
2. Novi Maria (087859186342)
3. Sulik Fajarwati (085755677686)
4. Musawwir (085655518345)
Atau Kunjungi :
smfkip-unikan.blogspot.com

Surat Edaran Ke HMPS

Nomor : 12 /S.Per/Pan.DL/ SMF-KIP/ UK-ML/ IV/ 2011 Malang, 08 Juni 2011
Lamp : Satu Berkas
Hal : Pemberitahuan

Kepada Yth. Ketua HMPS Pend. ...............................
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
di Tempat

Salam silaturrahmi kami sampaikan semoga saudara/i dalam keadaan sehat wal’afiat, sehingga dapat melaksanakan tugas sehari - hari dengan lancar. Amien
Selanjutnya sehubungan dengan akan diadakannya acara Lomba dan Diklat Kepenulisan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) oleh Senat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang bekerja sama dengan LP3L Universitas Kanjuruhan Malang, maka dengan ini kami sampaikan hal yang berkenaan dengan kegiatan tersebut sebagaimana terlampir
Demikian pemberitahuan ini kami buat. Atas perhatian saudara/i kami ucapkan terima kasih.

Ketua Pelaksana Sekretaris



Musawwir Sulik Fajarwati
NPM. 080401070013 NPM. 090401090230


Mengetahui;
Ketua SMF-KIP




Ach. Emil Salim
NPM. 080401050025






JADWAL DAN SUSUNAN ACARA LOMBA DAN DIKLAT KEPENULISAN RPP
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG 2011

Pendaftaran Lomba
Kamis - Senin
09 – 20 Juni 2011

Penilaian oleh Juri
Selasa – Jum’at
21 – 24 Juni 2011

Pengumuman Pemenang dan Presentasi Pemenang
Sabtu, 25 Juni 2011
Gedung G7 dan G8

Diklat penulisan perangkat pembelajaran

No Hari/ Tanggal Waktu Kegiatan
1 Sabtu 25.06.2011 07.00 – 08.00 WIB

08.00 – 08.05 WIB
08.05 – 08.10 WIB
08.10 – 08.15 WIB
08.15 – 08.30 WIB
08.30 – 09.30 WIB
09.30 – 12.00 WIB

12.00 – 12.30 WIB Persiapan dan Presensi
Sambutan – Sambutan
1. Ketua Pelaksana
2. Ketua SENAT- FKIP
3. Dekan FKIP
4. Pengumuman Pemenang Lomba
5. Presentasi Pemenang
Kepenulisan RPP
Tim LP3L UNIKAN Malang
Penutup (Doa)

Kontribusi Peserta Rp. 10.000,00

Fasilitas :
1. Sertifikat Kegiatan
2. Piagam Lomba
3. Makalah
4. Snack + Air Mineral
5. Uang Pembinaan Bagi Juara I, II, dan III
6. Ilmu yang Bermanfaat
7. 10 besar bebas memilih tempat PPL yang bekerjasama dengan LP3L UNIKAN Tempat Pendaftaran :
 Sekretariat Bersama SMF-KIP Universitas Kanjuruhan Malang (Gd. E8 Lt. II)
 Serambi Al-Farabi (Lt. I)

Info lebih lanjut hubungi :
1. Novi Alfaturossida (085815125961)
2. Novi Maria (087859186342)
3. Sulik Fajarwati (085755677686)
4. Musawwir (085655518345)
Atau Kunjungi :
smfkip-unikan.blogspot.com

Daftar Pemenang 10 Besar Lomba RPP Tingkat Fakultas Di universitas Kanjuruhan Malang

No Nama Jurusan TTD
1 Idah Muspitah Ekonomi 44
2 Roib Wahyuni PGSD 44
3 Winditiya Yuliana Geografi 44
4 Atho’ur Rahman Matematika 43
5 Musawwir Fisika 43
6 Akhmed Fahmi Habibi PGSD 42
7 Dwiyana Novita PGSD 42
8 Umrul Siti Mukaromah Geografi 42
9 Bustanul Syamsudin Widiyanto Geografi 41
10 Dian Budiarti Ikaningtyas Ekonomi 41

PROPOSAL DIKLAT DAN LOMBA PENULISAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Tema :
“Menjadi Guru Profesional Melalui Pemantapan Perangkat Pembelajaran”

1. Latar belakang
Tantangan keprofesian seorang guru semakin hari semakin bertambah besar, dengan dikeluarkannya beberapa aturan-aturan khusus mengenai undang-undang guru dan dosen. Hal tersebut tentu menjadi tantangan yang amat besar kepada setiap guru dan para calon guru, karena selain mereka harus mempersiapkan pendidikan minimal Starata-1, setelah itu mereka harus juga mampu menjalankan tugas profesi dengan maksimal sesuai dengan ketentuannya.
Idealnya menjadi seorang guru harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi setiap tahapan proses pembelajaran di dalam kelas agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Jika kesemua itu sudah benar-benar dilaksanakan dengan maksimal maka Insyaallah masa depan pendidikan bangsa kita akan jauh lebih baik dari sebelumnya.
Dalam setiap tahapan pembelajaran pada saat ini guru telah diwajibkan membuat suatu perencaan pembelajaran yang disebut dengan berbagai ragam bentuk, seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), PROTA, PROMES, sampai pada sistem penskorannya. Dengan dibuatnya beberapa perangkat pembelajaran tersebut, arah pembelajaran baik yang menyangkut materi, alokasi waktu, metode, media, dan teknik evaluasi dalam pembelajaran sudah kita ketahui sehingga guru yang mengajar dapat dengan mudah mengetahui arah pembelajarannya saat itu. Selain hal tersebut, jika diketahui terdapat masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa dalam kelas, maka guru harus pula mengetahui penyebabnya dan setelah itu segera mencarikan solusinya dengan berbagai kegiatan dan tindakan, sehingga dalam proses tersebut muncul pula yang namanya Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan di atas.
Walau masih banyak lagi tugas guru berkaitan dengan proses pembelajaran, tetapi paling tidak, guru dapat melaksanakan beberapa kegiatan di atas sebagai modal utama profesinya.
FKIP Universitas Kanjuruhan Malang sebagai Fakultas/lembaga yang mencetak tenaga pendidik harus mampu membekali mahasiswa lulusannya dengan berbagai keterampilan, yaitu selain dengan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd) harus pula membekali berbagai keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan, seperti halnya pembuatan RPP, pengembangan Silabus, PROTA, PROMES, Media Pembelajaran, dan Usulan Penelitian Tindakan Kelas, karena jika tidak, lulusan FKIP Universitas Kanjuruhan Malang tidak akan begitu diperhitungkan dalam pasar tenaga kerja professional, baik oleh lembaga-lembaga Negeri manupun lembaga-lembaga Swasta.
Guna menjawab tantangan di atas, FKIP Universitas Kanjuruhan Malang mencoba merumuskan beberapa strategi guna membekali para lulusannya dengan keterampilan-keterampilan tersebut. Beberapa diantaranya memasukan meteri-materi yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran ke dalam matakuliah yang memiliki nilai kredit semester. Dan saat ini Dekan dan Senat Mahasiswa FKIP Universitas Kanjuruhan Malang akan lebih mempertajam keterampilan-keerampilan mahasiswa tersebut dengan kegiatan pelatihan dan lomba keterampilan mahasiswa pendidikan yang disebut LOMBA DAN DIKLAT KEPENULIASAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, dengan tujuan apa-apa yang telah diperoleh mahasiswa di dalam kelas dapat dikongkritkan dan dikembangkan menjadi sebuah karya ilmiah mahasiswa.

2. Dasar Kegiatan
Dasar-dasar yang melatarbelakangi kegiatan di atas adalah :
 UU No.20 Th 2003 Tentang Pendidikan Nasional
 PP No.60 Th 1999 Tentang Perguruan Tinggi
 Pola Pengembangan dan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) Universitas Kanjuruhan Malang
 Hasil keputusan Dekan dan para pengurus SMF-KIP periode 2010/2011 pada tanggal 17 Mei 2011

3. TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan dari kegiatan ini :
 Mengembangkan kreativitas mahasiswa FKIP
 Mempertajam dan mengevaluasi hasil kegiatan perkuliahan matakuliah pembelajaran.
 Lebih meningkatkan pelayanan FKIP terhadap peningkatan profesionalisme para calon lulusan.

Manfaat dari kegiatan ini :
 Meningkatnya kreativitas mahasiswa FKIP dalam bidang pembelajaran.
 Meningkatnya kemampuan mahasiswa FKIP dalam menyiapkan kelengkapan-kelengkapan pembelajaran setelah lulus.
 Kepercayaan masyarakat terhadap FKIP Universitas Kanjuruhan Malang akan semakin meningkat.


4. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini :
LOMBA DAN DIKLAT KEPENULISAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema kegiatan ini :
MENJADI GURU PROFESIONAL MELALUI PEMANTAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

5. BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan ini sebagai berikut :
 Lomba pembuatan RPP
 Pelatihan Kepenulisan RPP dan Pengembangan Silabus

6. JURI DAN NARASUMBER KEGIATAN
Sebagai juri dalam lomba kegiatan ini ádalah :
 Tim LP3L dan FKIP
Sebagai Narasumber dalam kegiatan DIKLAT ini :
 Drs. Khoirul Huda, M.Si. (Ketua LP3L Unikama Malang)

7. Waktu dan Tempat
Lomba :
Pendaftaran : 09 -20 Juni 2011
Waktu : 08.00-14.30 WIB
Tempat : Sekretariat SMF-KIP Gd. E Lt. II Ruang E8
Penilaian oleh Juri
Tanggal : 20 - 24 Juni 2011
Pengumuman Pemenang bersamaan dengan kegiatan pelatihan pada :
Hari /Tanggal : 25 Juni 2011
Waktu : 07.30-12.00 WIB
Tempat : gedung G7 dan G8

8. SASARAN KEGIATAN
Sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Universitas Kanjuruhan Malang yang berminat.
9. KEWAJIBAN DAN FASILITAS PESERTA
Kewajiban
 Peserta diwajibkan mendaftar sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
 Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 10.000,00
 Sistematika penulisan wajib mengikuti sistematika yang telah ditetapkan oleh panitia.
 Peserta wajib mengikuti kegiatan Diklat, karena bagi peserta yang telah ditetapkan sebagai juara tetapi pada saat pengumuman tidak ada maka akan dianggap gugur.
 Keputusan juri dan panitia mutlak harus diterima peserta dan tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Fasilitas
 Sertifikat kegiatan
 Piagam Lomba
 Makalah pelatihan
 Snack + air mineral
 Uang Pembinaan bagi juara lomba
 10 besar bebas memilih sekolah tempat PPL yang telah bekerjasama dengan LP3L Unikan Malang
 Ilmu yang bermanfaat

10. PELAKSANA
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dekan dan Senat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan bekerjasama dengan LP3L.

11. SUSUNAN PANITIA
Susunan panitia dalam kegiatan ini diuraikan lebih lanjut sebagaimana terlampir.

12. ANGGARAN DANA
Dana yang dibutuhkan dalam kegiatan ini diuraikan lebih lanjut sebagaimana terlampir.

13. PENUTUP
Demikianlah prososal ini kami susun dan kami ajukan, besar harapan kami mendapat dukungan, baik materiel maupun yang lainnya demi kelancaran kegiatan ini.









HALAMAN PENGESAHAN
Proposal ini telah disetujui dan disahkan oleh pejabat yang berwenag
Pada :..............................................................................

Ketua Pelaksana





Musawwir
NPM. 080401070013 Sekretaris




Sulik Fajarwati
NPM. 090401090230
Mengetahui;
Dekan FKIP





Drs. Abdoel Bakar TS, M.Pd
NIP. 195201101987031001 Ketua Senat FKIP





Ach. Emil Salim
NPM. 080401050025






















SUSUNAN PANITIA
Diklat dan Lomba Penulisan Perangkat Pembelajaran
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Penasehat : Rektor Universitas Kanjuruhan Malang
: Pembantu Rektor III Universitas Kanjuruhan Malang
Pembina : Drs. Abdoel Bakar Ts, M. Pd ( DEKAN FKIP )
Penanggumg Jawab: Ach. Emil Salim
Ketua Pelaksana : Musawwir.
Sekretaris : Sulik Fajarwati
Bendahara : Fitri Ika Wulansari

Seksi-seksi
Sie. Acara
Co: Mukhlish
- Hasan Basri
- Arvan Sri Cahya
- Khoiruddin A. Sie. Kesekretariatan
Co: Novi Alfatu Rosida
- Nur Halimah
- Novi Maria
- Winditiya Yuliana
- Diah Ayu Widyaningrum
- Dewi Pusparini
Sie. Humas
Co: Rohkani
- Chafid Saiful U.
- Aries Yuliantoko
- Jon Aan Hari S. Sie. Konsumsi
Co: A. Andry Budianto
- Ariani Diah S
- Achmadi
- Mohammad Idris
Pubdekdok
Co: Chafid Syaiful umam
- Rahmadi
- Hudi Frenkiyan
- Yulia Dewi F Sie. Perlengkapan
Co: Muh. Solihin
- Dedi S
- Edi Arianto
- Maria Devila B. L.







A n g g g a r a n D a n a

Pemasukan
 Peserta 50 @ Rp 10.000 Rp 500.000,00
 Kas SENAT FKIP Rp 100.000,00+
Jumlah Rp 600.000,00
Pengeluaran
 Kesekretariatan
1. Foto copy Proposal dan LPJ Rp 100.000,00
2. Surat-menyurat Rp 15.000,00
3. Foto copy Materi (3 pemeteri) Rp 240.000,00
4. Cendramata Pemateri 4 Rp 200.000,00
5. Setifikat 50 peserta @ Rp 1500 x 2 Rp 150.000,00
6. Sertifkat 30 panitia @ Rp 2.000 x 2 Rp 120.000,00
7. Piagam Pemateri 3 pemateri @ Rp 3.000 Rp 9.000,00
8. Piagam Juri 4 pemateri @ Rp 3.000 Rp 12.000,00+
Jumlah Rp 846.000,00
 Pubdekdok
1. Spanduk Rp 180.000,00
2. Baterai Rp 100.000,00 +
Jumlah Rp 280.000,00
 Konsumsi
a. Kue ( 50 peserta @ Rp. 3.000 ) Rp 150.000,00
b. Kue ( 30 Panitia @ Rp. 5.000 ) Rp 150.000,00
c. Kue ( 3 Pemateri@ Rp 10.000 ) Rp 30.000,00
d. Snack Undangan 15 undangan @ Rp 5.000 Rp 75.000,00
e. Air mineral 5 dos @ Rp. 15.000 RP 75.000,00+
Jumlah Rp 480.000,00


 Fee Pemateri
1. Satu Pemateri @ Rp. 500.000 Rp. 500.000,00 +
Jumlah Rp 500.000,00
 Hadiah Lomba
Hadiah lomba RPP
1. juara 1 Rp 300.000,00
2. juara 2 Rp 200.000,00
3. juara 3 Rp 100.000,00 +
Jumlah Rp 600.000,00
 Perlengkapan
1. Sewa Kursi 80 X Rp 1.500 Rp 120.000,00+
Jumlah Rp 120.000,00
Total Keseluruhan
 Pemasukan Rp 600.000,00
 Pengeluaran Rp 2.826.000,000 -
Jumlah Rp – 2.226.000,00
Jadi dalam pelaksanaan kegiatan kami membutuhkan dana sebesar Rp 2.226.000,00 maka dari itu kami mengharap bantuan dana dari pihak lembaga agar kegiatan tersebut dapat terealisasi dengan lancar yang mana akan membawa nama baik Universitas Kanjuruhan Malang.












SUSUNAN ACARA
DIKLAT DAN LOMBA PENULISAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2011

Pendaftaran Lomba
Kamis - Senin
09 – 20 Juni 2011

Penilaian oleh Juri
Selasa – Jum’at
21 – 24 Juni 2011

Pengumuman Pemenang dan Presentasi Pemenang
Sabtu, 25 Juni 2011

Diklat penulisan perangkat pembelajaran

No Hari/ Tanggal Waktu Kegiatan
1 Sabtu 25.06.2011 07.00 – 08.00 WIB

08.00 – 08.05 WIB
08.05 – 08.10 WIB
08.10 – 08.15 WIB
08.15 – 08.30 WIB
08.30 – 09.30 WIB
09.30 – 11.30 WIB

11.30 – 12.00 WIB Persiapan dan Presensi
Sambutan – Sambutan
1. Ketua Pelaksana
2. Ketua SENAT- FKIP
3. Dekan FKIP
4. Pengumuman Pemenang Lomba
5. Presentasi Pemenang
Kepenulisan RPP
Tim LP3L UNIKAN Malang
Penutup (Doa)

DAFTAR REKAPITULASI NILAI LOMBA RPP SENAT-FKIP UNIVERITAS KANJURUHAN MALANG 2010/2011

No Nama Jurusan TTD
1 Idah Muspitah Ekonomi 44
2 Roib Wahyuni PGSD 44
3 Winditiya Yuliana Geografi 44
4 Atho’ur Rahman Matematika 43
5 Musawwir Fisika 43
6 Akhmed Fahmi Habibi PGSD 42
7 Dwiyana Novita PGSD 42
8 Umrul Siti Mukaromah Geografi 42
9 Bustanul Syamsudin Geografi 41
10 Dian Budiarti Ikaningtyas Ekonomi 41
11 Elis Setyowati PGSD 41
12 Dian Ratnasari Geografi 40
13 Faiz Zurohmah PGSD 40
14 Nurul Azizah PGSD 40
15 Purwanto Fisika 40
16 Jumini PGSD 39
17 Najmul Laili Fisika 39
18 Nayla Anvika Ramadani PGSD 39
19 Nur Asiseh Bhs. Indonesia 39
20 Sitti Halifah Ekonomi 39
21 Uswatul Hasanah Fisika 39
22 Akhmad Baidawi Geografi 38
23 Bawon Rahayu Bhs. Indonesia 38
24 Dewi Pusparini PKn 38
25 Lusiana B. Mayang Matematika 38
26 Minarsih PGSD 38
27 Novita Santi Bhs. Inggris 38
28 Presti Nugraheni PGSD 38
29 Rizky Firdian Lestari Geografi 38
30 Singgih Siswaningrum PGSD 38
31 Suliana Astutik Ekonomi 38
32 Yudi Ansori PKn 38
33 Moh. Ikhwan PGSD 37
34 Pohet Bintoto Matematika 37
35 Puspita Ika Febrilian Geografi 37
36 Yeni Nur Maya Ekonomi 37
37 Agus Ermawan PGSD 36
38 Diantika PGSD 36
39 Jami’atus Sholichah Matematika 36
40 Lingga Oktivia Dewi Fisika 36
41 Matsudi Geografi 36
42 Nur Wisuda Wati PGSD 36
43 Stephani Selan BK 36
44 Destin Rina Gumilar Bhs. Inggris 35
45 Heri Wijaya Geografi 35
46 Lucky Susianto PGSD 35
47 Mujiono Ekonomi 35
48 Salim Rahmatullah Matematika 35
49 Yanuar Eko Artiwibowo PGSD 35
50 Ayu Fitrianik. M.R Bhs. Indonesia 34
51 Darwis PKn 34
52 Heru Weliani Matematika 34
53 Holilih Geografi 34
54 Latifatul Izzah Matematika 34
55 Lia Alfatu Chamda PGSD 34
56 Reni Ratna Dewi Matematika 34
57 Aries Wahyudi Bhs. Inggris 33
58 Ayu Aruddiana Pratiwi Fisika 33
59 Dinda Restianina Bhs. Inggris 33
60 Djumairoh Geografi 33
61 Ika Ananda Pujiasih Fisika 33
62 Melisa Wahyu Ekonomi 33
63 Rahmat Syah Luhur P. Bhs. Inggris 33
64 Reza Ayu K Matematika 33
65 Siti Nur Aisyah Geografi 33
66 Tri Wahyuni Ekonomi 33
67 Anis Nur Azizah PGSD 32
68 Bernadus Sandro Adas Geografi 32
69 Hudi Frenkiyan Fisika 32
70 Nur Affandi PGSD 32
71 Rosalina Diana Mersi Geografi 32
72 Tulus PGSD 32
73 Ummi Nurma’sumah PGSD 32
74 Windria Agustini Bhs. Indonesia 32
75 Yuchi Chandika Ayu Tiyas Bhs. Inggris 32
76 Yuliana Prastiawati PKn 32
77 Asiatur Rodiyah Matematika 31
78 Edy Kurniawan Bhs. Indonesia 31
79 Gigih Wijangsongko BK 31
80 Iriene Swantika PGSD 31
81 Khusnul Khotimah PGSD 31
82 Mistin Widya Nengtias Ekonomi 31
83 Novi Eka Wulandari Bhs. Inggris 31
84 Nurul Awalin Ekonomi 31
85 Ririn Rinawati BK 31
86 Tri Nilan Sari Bhs. Inggris 31
87 Adrianus Yos Aku Hurit Bhs. Inggris 30
88 Edi Nurcahyono Bhs. Inggris 30
89 Ifta Nafiatin Bhs. Inggris 30
90 Santi Geminiar Dewi Matematika 30
91 Diah Ayu Widyaningrum BK 29
92 Gihartinik Ekonomi 29
93 Nila Rifngatul Mabruroh Matematika 29
94 Ratna Dwi Jayanti Fisika 29
95 Fepy Intan Devi Juwita Bhs. Inggris 28
96 Rofiatus Saadah Ekonomi 28
97 Wiwik Trimurtiasih Matematika 28
98 Diah Fitri Nur Anggraini Fisika 27
99 Fitri Hidayati Matematika 26
100 Ella Geografi
101 Ferry Nurhandka Eva Y. Geografi
102 Hasan Bahsri Ekonomi
103 Ika Dian Rosianah Bhs. Inggris
104 Nur Ashriyah Matematika
105 Wahyu Tri Janarti Bhs. Inggris

Games Unik Berkelompok

YEL-YEL
Yel-yel ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, dilaksanakan berdiri dalam formasi barisan atau lingkaran. Seorang pemandu untuk memberikan aba-aba lisan Salam Rimba, kemudian seluruh peserta menjawab dengan gerakan berturut-turut sebagai berikut : 1. Bertepuk tangan 3 kali. 2. Menepuk dada dengan kedua telapak tangan 3 kali. 3. Menepuk paha dengan kedua telapak tangan 3 kali. 4. Menepuk pantat dengan kedua telapak tangan 3 kali. 5. Menghentakan kaki kanan ke tanah 3 kali. 6. Meneriakan Yel-yel Salam Rimba, 1 kali, dengan semangat, tangan kanan diangkat dengan posisi mengepal. Untuk situasi dan kondisi acara, kalimat yel-yel dapat diganti. Tujuan dari permainan ini adalah : Membangun semangat dan motivasi dalam kegiatan

NYUSUN CERITA
Permainan ini bertujuan melatih seseorang untuk membuat sebuah opini, dan merupakan permainan kompetisi antar kelompok. pemandu menyediakan beberapa lembar kertas yang berisi sebuah gambar dan harus berbeda dengan yang lainnya. Jumlah kertas bergambar haruslah sama dengan jumlah peserta yang mewakili kelompoknya. Langkah awal kelompok yang beradu, membuat barisan saling berhadapan dengan kelompok lainnya, bisa juga semua peserta membuat formasi lingkaran. Intinya pemandu akan meletakan kertas bergambar ditengah-tengah para peserta agar semua peserta dapat mengambilnya secara bersamaan. Setelah siap, pemandu memberi aba-aba agar semua peserta segera mengambil kertas bergambar secara bersamaan, ingat tiap peserta harus mengambil satu lembar kertas. Setelah semua peserta mendapat kertas bergambar, pemandu mempersilahkan masing-masing kelompok untuk berdiskusi menyusun gambar menjadi sebuah cerita menarik. Kemudian, saatnya setiap kelompok harus membawakan ceritanya kepada semua peserta lainnya. Caranya, masing – masing anggota kelompok harus berbaris membawa dan menunjukan gambar sesuai urutan cerita. dimulai dari anggota yang pertama, mulai menceritakan bagian ceritanya masing-masing. Kemudian dilanjutkan sesuai urutan dalam barisan tersebut. Jadi masing-masing anggota mendapat kesempatan untuk bercerita, namun isi cerita harus berkaitan dengan isi cerita anggota sebelumnya. Penilaiannya adalah berdasarkan isi cerita yang sesuai dan menarik. Perlengkapan yang disiapkan : Kertas dengan tema gambar sejumlah peserta. Tujuan dari permainan ini adalah : Mengajak setiap peserta untuk dapat berdiskusi dalam kelompoknya, Memberi kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum, melalui cerita yang dibawakan

KARAPAN SAPI
Karapan Sapi berasal dari Pulau Madura – Jawa Timur Indonesia, yang merupakan jenis olah raga pacu yang menggunakan dua ekor sapi untuk membawa seorang joki, tentunya dengan sebuah kereta yang menyerupai bajak sawah. Dalam permainan outbond karapan sapi ini, tidak menggunakan dua ekor sapi. Jadi jangan salah paham ya, karena kita akan gunakan istilah karapan sapi sebagai nama dari permainan outbond. Permainan ini merupakan pertandingan yang menyerupai karapan sapi, setiap kelompok terdiri dari 3 orang. 2 orang bertugas menarik karapan dan 1 orang sebagai jokinya.Panitia menyediakan 4 buah karung goni yang akan digunakan sebagai karapannya. Aturan mainnya setiap kelompok akan bertanding secara bertahap. Sebagai persiapan, masing-masing kelompok yang bertanding mendapat 1 karung goni, 2 orang bersiap untuk menyeret karung goni dan 1 orang duduk sambil berpegang erat diatas karung goni. Setelah aba-aba mulai terdengar, barulah setiap kelompok yang telah siap berada digaris start bergerak menyeret karung goninya menuju garis finish. Pemenangnya adalah yang tercepat mencapai garis finish dan joki tidak terjatuh dari karungnya. Perlengkapan yang disiapkan : Karung goni sesuai dengan jumlah kelompok. Tujuan dari permainan ini adalah : Membangun kerjasama kelompok, dengan strateginya, Untuk membuat perlombaan antar kelompok. Saran :Lakukan permainan ini pada tempat yang rata dan kering, hamparan pasir dipantai sangat cocok untuk permainan ini.

BARISAN NAMA
Barisan nama, adalah sebuah permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai dengan 10 orang. Aturan mainnya setiap peserta diberi penjepit kertas, alat tulis dan satu lembar kertas A4 warna putih yang tidak ada tulisan. Pemandu memberikan perintah agar semua peserta menuliskan nama depannya pada selembar kertasnya masing-masing, tulisan harus menggunakan huruf capital dan cukup besar untuk dilihat dari jarak 3 meter. Setelah semua peserta menuliskan namanya, kertas ditempelkan di dada dengan menggunakan penjepit dengan posisi tulisan nama dapat terlihat di dada dengan jelas. Secara spontan, pemandu memberikan perintah kepada peserta untuk membuat satu barisan dalam kelompoknya masing-masing. Posisi peserta dalam barisan tidak boleh sembarangan dan haruslah urut sesuai dengan abjad nama yang telah ditulis diatas kertas. Perlengkapan yang disiapkan : Kertas, alat untuk menulis dan penjepit (peniti) Tujuan dari permainan ini adalah : Jika berjalan sendiri-sendiri, penyusunan formasi akan berbenturan dengan masing-masing pemikiran setiap peserta, sehingga permainan akan tampak kacau. Dari kejadian ini, sangat penting bagi setiap kelompok untuk memiliki seorang leader yang dapat memimpin dan mengatur kelompoknya membuat barisan nama

MINDAH SARUNG
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok, Permainannya adalah memindahkan barang dengan sarung yang digantungkan di kepala secara estafet, namun tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat memindahkan barang dengan sarung. Permainan ini hampir sama dengan memindahkan kalung tali secara estafet dan tidak ada barang yang digantungkan. Pada permainan ini barang dibawah dengan sarung, seperti ayunan bayi (barang bisa berupa bola atau apa saja), nah tentu saja akan lebih sulit karena selain sarung yang dikalungkan di kepala harus cepat dipindah, serta barang yang dibawah tidak boleh jatuh. Perlengkapan yang disiapkan : Sarung, dalam hal ini anjurkan setiap peserta untuk membawa sarung dalam daftar perlengkapan pribadi. Barang yang akan dibawa bisa berupa batu, timba berisi air dan lain-lain. Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerja sama kelompok. Permainan ketangkasan dalam melakukan permainan ini.

BEREBUT TOPI
Semua peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan jumlah yang sama, semisal kita ambil contoh jika masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kemudian kedua kelompok tersebut berdiri berhadap-hadapan dengan kelompok lainnya, satu orang berhadapan dengan satu orang pada kelompok lainnya, dengan jarak 10 meter. Buatlah garis ditengah yang memisahkan kedua kelompok tersebut. Kemudian gantilah nama peserta dengan sistim penomoran bilangan secara urut, dalam hal ini 1 sd 10. Posisikan agar kedua kelompok berdiri berhadapan dengan kelompok lain. Dua peserta yang berhadapan memiliki nomor yang sama. Letakan 10 topi rimba pada garis yang memisahkan kelompok tersebut, sebelumnya topi rimba telah ditandai dengan penomoran 1 sd 10. Masing-masing dua peserta yang berhadapan dan memiliki nomor yang sama, akan berebut 1 topi rimba yang sesuai dengan nomornya. Jika pemandu memberikan aba-aba dengan meneriakan salah satu nomor,misalnya nomor 5. Maka peserta nomor 5 harus segera berebut topi rimba nomor 5, begitu seterusnya sampai semua topi berhasil diperebutkan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling banyak merebut topi rimba. Perlengkapan yang disiapkan : 10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti dengan benda yang lain. Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor dada. Tujuan dari permainan ini adalah : Membuat perlombaan antar kelompok. Masing - masing peserta harus berkonsentrasi terhadap aba-aba pemandu. Ketangkasan peserta dalam berlomba.

BOLA PINGPONG
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Setiap peserta memegang 2 sumpit, dimulai dari peserta pertama akan membawa bola ping-pong dengan sumpit, kemudian memberikan kepada anggota kelompokan secara berurutan, hingga bola dapat berpindah kepada anggota yang paling akhir. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil memindahkan bola, dan memiliki waktu tercepat dalam menyelesaikan permainan ini. Perlengkapan yang disiapkan : Bola ping pong seusai dengan jumlah kelompok, sumpit untuk masing - masing peserta mendapat 2 buah. Tujuan dari permainan ini adalah : membangun kerjasama dan ketangkasan untuk menyelesaikan permainan ini

PRESENTASI PRODUK UNGGULAN
Semua peserta dibentuk dalam beberapa kelompok, dengan bahan yang telah ditentukan diharuskan membuat hasil kerajinan tangan. Secara bergiliran harus mempresentasikan hasil karyanya kepada semua peserta yang hadir. Pemenangnya adalah hasil karya yang mendapatkan minat dari semua peserta. Perlengkapan yang disiapkan : lem kayu, stick penggangan ice cream. Tujuan dari permainan ini adalah : Melakukan permainan kreatifitas antar kelompok dalam membuat produk menarik, Memberi kesempatan kelompok untuk melakukan presentasi tentang produknya.

KALUNG TALI
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 orang peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Kemudian berusaha memindah kalung tali dari peserta paling kanan ke kiri barisan. Dalam memindahkan kalung tali tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat memindah kalung tali tersebut. Perlengkapan yang disiapkan : Tali tampar untuk kalung sesuai jumlah kelompok. Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerjasama tim, Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.

BENANG KUSUT
Merupakan jenis permainan kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih, instruktur menyiapkan tali rafia sepanjang 1 meter, dengan jumlah sama dengan pemain saat itu. Kemudian ujung-ujung tali dipertemukan jadi satu dalam pegangan tangan instruktur. Dimulai dengan aba-aba, setiap pemain diwajibkan menarik 1 ujung tali di tangan kanan dan 1 ujung tali di tangan kiri. Penarikan ujung tali dilakukan serentak. Setelah kita perhatikan, kemungkinan besar pemain tidak dapat menarik ujung tali yang sama, namun menarik ujung tali yang ditarik oleh para pemain lainnya. Dan terbentuklah formasi hubungan tali yang kusut. Tantangannya, satu kelompok tersebut harus merapikan hubungan tali kusut tadi menjadi sebuah formasi lingkaran yang rapi, tentunya dengan dihitung waktu penyelesaiannya. Peralatan yang disiapkan : tali raffia Tujuan dari permainan ini adalah : Membangun kerjasama dan ketangkasan dalam sebuah kelompok

MINDAH BOM
Merupakan permainan kompetisi antar kelompok. Leader memimpin kelompoknya untuk memindahkan benda yang dianggap sebagai bom. 6 peserta sebagai pelaksana yang bertugas memindahkan bom dengan mata tertutup, dan leader memberikan arahan untuk membawa kelompoknya bergerak memindahkan bom ke posisi yang telah ditentukan. Penilaiannya adalah keberhasilan memeindahkan bom dengan selamat dan waktu menyelesaikan permainan. Alat - alat yang dibutuhkan adalah : Stopwatch & Tali & kaleng berisi air.

JARING LABA-LABA
Merupakan permainan kompetisi antar kelompok. Jaring-jaring laba merupakan jenis permainan halang-rintang, satu-persatu peserta harus melewati tali jaring yang telah diatur vertikal tanpa harus menyentuh tali. Penilaiannya adalah keberhasilan melewati tali jaring dan waktu menyelesaikan permainan. Alat - alat yang dibutuhkan adalah : Stopwatch & Tali untuk membuat jaring.
Posted by SMPN3PULOKULON at 7:40 AM