Pages

Senin, 02 Januari 2012

Games Unik Berkelompok

YEL-YEL
Yel-yel ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, dilaksanakan berdiri dalam formasi barisan atau lingkaran. Seorang pemandu untuk memberikan aba-aba lisan Salam Rimba, kemudian seluruh peserta menjawab dengan gerakan berturut-turut sebagai berikut : 1. Bertepuk tangan 3 kali. 2. Menepuk dada dengan kedua telapak tangan 3 kali. 3. Menepuk paha dengan kedua telapak tangan 3 kali. 4. Menepuk pantat dengan kedua telapak tangan 3 kali. 5. Menghentakan kaki kanan ke tanah 3 kali. 6. Meneriakan Yel-yel Salam Rimba, 1 kali, dengan semangat, tangan kanan diangkat dengan posisi mengepal. Untuk situasi dan kondisi acara, kalimat yel-yel dapat diganti. Tujuan dari permainan ini adalah : Membangun semangat dan motivasi dalam kegiatan

NYUSUN CERITA
Permainan ini bertujuan melatih seseorang untuk membuat sebuah opini, dan merupakan permainan kompetisi antar kelompok. pemandu menyediakan beberapa lembar kertas yang berisi sebuah gambar dan harus berbeda dengan yang lainnya. Jumlah kertas bergambar haruslah sama dengan jumlah peserta yang mewakili kelompoknya. Langkah awal kelompok yang beradu, membuat barisan saling berhadapan dengan kelompok lainnya, bisa juga semua peserta membuat formasi lingkaran. Intinya pemandu akan meletakan kertas bergambar ditengah-tengah para peserta agar semua peserta dapat mengambilnya secara bersamaan. Setelah siap, pemandu memberi aba-aba agar semua peserta segera mengambil kertas bergambar secara bersamaan, ingat tiap peserta harus mengambil satu lembar kertas. Setelah semua peserta mendapat kertas bergambar, pemandu mempersilahkan masing-masing kelompok untuk berdiskusi menyusun gambar menjadi sebuah cerita menarik. Kemudian, saatnya setiap kelompok harus membawakan ceritanya kepada semua peserta lainnya. Caranya, masing – masing anggota kelompok harus berbaris membawa dan menunjukan gambar sesuai urutan cerita. dimulai dari anggota yang pertama, mulai menceritakan bagian ceritanya masing-masing. Kemudian dilanjutkan sesuai urutan dalam barisan tersebut. Jadi masing-masing anggota mendapat kesempatan untuk bercerita, namun isi cerita harus berkaitan dengan isi cerita anggota sebelumnya. Penilaiannya adalah berdasarkan isi cerita yang sesuai dan menarik. Perlengkapan yang disiapkan : Kertas dengan tema gambar sejumlah peserta. Tujuan dari permainan ini adalah : Mengajak setiap peserta untuk dapat berdiskusi dalam kelompoknya, Memberi kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum, melalui cerita yang dibawakan

KARAPAN SAPI
Karapan Sapi berasal dari Pulau Madura – Jawa Timur Indonesia, yang merupakan jenis olah raga pacu yang menggunakan dua ekor sapi untuk membawa seorang joki, tentunya dengan sebuah kereta yang menyerupai bajak sawah. Dalam permainan outbond karapan sapi ini, tidak menggunakan dua ekor sapi. Jadi jangan salah paham ya, karena kita akan gunakan istilah karapan sapi sebagai nama dari permainan outbond. Permainan ini merupakan pertandingan yang menyerupai karapan sapi, setiap kelompok terdiri dari 3 orang. 2 orang bertugas menarik karapan dan 1 orang sebagai jokinya.Panitia menyediakan 4 buah karung goni yang akan digunakan sebagai karapannya. Aturan mainnya setiap kelompok akan bertanding secara bertahap. Sebagai persiapan, masing-masing kelompok yang bertanding mendapat 1 karung goni, 2 orang bersiap untuk menyeret karung goni dan 1 orang duduk sambil berpegang erat diatas karung goni. Setelah aba-aba mulai terdengar, barulah setiap kelompok yang telah siap berada digaris start bergerak menyeret karung goninya menuju garis finish. Pemenangnya adalah yang tercepat mencapai garis finish dan joki tidak terjatuh dari karungnya. Perlengkapan yang disiapkan : Karung goni sesuai dengan jumlah kelompok. Tujuan dari permainan ini adalah : Membangun kerjasama kelompok, dengan strateginya, Untuk membuat perlombaan antar kelompok. Saran :Lakukan permainan ini pada tempat yang rata dan kering, hamparan pasir dipantai sangat cocok untuk permainan ini.

BARISAN NAMA
Barisan nama, adalah sebuah permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai dengan 10 orang. Aturan mainnya setiap peserta diberi penjepit kertas, alat tulis dan satu lembar kertas A4 warna putih yang tidak ada tulisan. Pemandu memberikan perintah agar semua peserta menuliskan nama depannya pada selembar kertasnya masing-masing, tulisan harus menggunakan huruf capital dan cukup besar untuk dilihat dari jarak 3 meter. Setelah semua peserta menuliskan namanya, kertas ditempelkan di dada dengan menggunakan penjepit dengan posisi tulisan nama dapat terlihat di dada dengan jelas. Secara spontan, pemandu memberikan perintah kepada peserta untuk membuat satu barisan dalam kelompoknya masing-masing. Posisi peserta dalam barisan tidak boleh sembarangan dan haruslah urut sesuai dengan abjad nama yang telah ditulis diatas kertas. Perlengkapan yang disiapkan : Kertas, alat untuk menulis dan penjepit (peniti) Tujuan dari permainan ini adalah : Jika berjalan sendiri-sendiri, penyusunan formasi akan berbenturan dengan masing-masing pemikiran setiap peserta, sehingga permainan akan tampak kacau. Dari kejadian ini, sangat penting bagi setiap kelompok untuk memiliki seorang leader yang dapat memimpin dan mengatur kelompoknya membuat barisan nama

MINDAH SARUNG
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok, Permainannya adalah memindahkan barang dengan sarung yang digantungkan di kepala secara estafet, namun tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat memindahkan barang dengan sarung. Permainan ini hampir sama dengan memindahkan kalung tali secara estafet dan tidak ada barang yang digantungkan. Pada permainan ini barang dibawah dengan sarung, seperti ayunan bayi (barang bisa berupa bola atau apa saja), nah tentu saja akan lebih sulit karena selain sarung yang dikalungkan di kepala harus cepat dipindah, serta barang yang dibawah tidak boleh jatuh. Perlengkapan yang disiapkan : Sarung, dalam hal ini anjurkan setiap peserta untuk membawa sarung dalam daftar perlengkapan pribadi. Barang yang akan dibawa bisa berupa batu, timba berisi air dan lain-lain. Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerja sama kelompok. Permainan ketangkasan dalam melakukan permainan ini.

BEREBUT TOPI
Semua peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan jumlah yang sama, semisal kita ambil contoh jika masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kemudian kedua kelompok tersebut berdiri berhadap-hadapan dengan kelompok lainnya, satu orang berhadapan dengan satu orang pada kelompok lainnya, dengan jarak 10 meter. Buatlah garis ditengah yang memisahkan kedua kelompok tersebut. Kemudian gantilah nama peserta dengan sistim penomoran bilangan secara urut, dalam hal ini 1 sd 10. Posisikan agar kedua kelompok berdiri berhadapan dengan kelompok lain. Dua peserta yang berhadapan memiliki nomor yang sama. Letakan 10 topi rimba pada garis yang memisahkan kelompok tersebut, sebelumnya topi rimba telah ditandai dengan penomoran 1 sd 10. Masing-masing dua peserta yang berhadapan dan memiliki nomor yang sama, akan berebut 1 topi rimba yang sesuai dengan nomornya. Jika pemandu memberikan aba-aba dengan meneriakan salah satu nomor,misalnya nomor 5. Maka peserta nomor 5 harus segera berebut topi rimba nomor 5, begitu seterusnya sampai semua topi berhasil diperebutkan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling banyak merebut topi rimba. Perlengkapan yang disiapkan : 10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti dengan benda yang lain. Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor dada. Tujuan dari permainan ini adalah : Membuat perlombaan antar kelompok. Masing - masing peserta harus berkonsentrasi terhadap aba-aba pemandu. Ketangkasan peserta dalam berlomba.

BOLA PINGPONG
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Setiap peserta memegang 2 sumpit, dimulai dari peserta pertama akan membawa bola ping-pong dengan sumpit, kemudian memberikan kepada anggota kelompokan secara berurutan, hingga bola dapat berpindah kepada anggota yang paling akhir. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil memindahkan bola, dan memiliki waktu tercepat dalam menyelesaikan permainan ini. Perlengkapan yang disiapkan : Bola ping pong seusai dengan jumlah kelompok, sumpit untuk masing - masing peserta mendapat 2 buah. Tujuan dari permainan ini adalah : membangun kerjasama dan ketangkasan untuk menyelesaikan permainan ini

PRESENTASI PRODUK UNGGULAN
Semua peserta dibentuk dalam beberapa kelompok, dengan bahan yang telah ditentukan diharuskan membuat hasil kerajinan tangan. Secara bergiliran harus mempresentasikan hasil karyanya kepada semua peserta yang hadir. Pemenangnya adalah hasil karya yang mendapatkan minat dari semua peserta. Perlengkapan yang disiapkan : lem kayu, stick penggangan ice cream. Tujuan dari permainan ini adalah : Melakukan permainan kreatifitas antar kelompok dalam membuat produk menarik, Memberi kesempatan kelompok untuk melakukan presentasi tentang produknya.

KALUNG TALI
Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 orang peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Kemudian berusaha memindah kalung tali dari peserta paling kanan ke kiri barisan. Dalam memindahkan kalung tali tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat memindah kalung tali tersebut. Perlengkapan yang disiapkan : Tali tampar untuk kalung sesuai jumlah kelompok. Tujuan dari permainan ini adalah :Membangun kerjasama tim, Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.

BENANG KUSUT
Merupakan jenis permainan kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih, instruktur menyiapkan tali rafia sepanjang 1 meter, dengan jumlah sama dengan pemain saat itu. Kemudian ujung-ujung tali dipertemukan jadi satu dalam pegangan tangan instruktur. Dimulai dengan aba-aba, setiap pemain diwajibkan menarik 1 ujung tali di tangan kanan dan 1 ujung tali di tangan kiri. Penarikan ujung tali dilakukan serentak. Setelah kita perhatikan, kemungkinan besar pemain tidak dapat menarik ujung tali yang sama, namun menarik ujung tali yang ditarik oleh para pemain lainnya. Dan terbentuklah formasi hubungan tali yang kusut. Tantangannya, satu kelompok tersebut harus merapikan hubungan tali kusut tadi menjadi sebuah formasi lingkaran yang rapi, tentunya dengan dihitung waktu penyelesaiannya. Peralatan yang disiapkan : tali raffia Tujuan dari permainan ini adalah : Membangun kerjasama dan ketangkasan dalam sebuah kelompok

MINDAH BOM
Merupakan permainan kompetisi antar kelompok. Leader memimpin kelompoknya untuk memindahkan benda yang dianggap sebagai bom. 6 peserta sebagai pelaksana yang bertugas memindahkan bom dengan mata tertutup, dan leader memberikan arahan untuk membawa kelompoknya bergerak memindahkan bom ke posisi yang telah ditentukan. Penilaiannya adalah keberhasilan memeindahkan bom dengan selamat dan waktu menyelesaikan permainan. Alat - alat yang dibutuhkan adalah : Stopwatch & Tali & kaleng berisi air.

JARING LABA-LABA
Merupakan permainan kompetisi antar kelompok. Jaring-jaring laba merupakan jenis permainan halang-rintang, satu-persatu peserta harus melewati tali jaring yang telah diatur vertikal tanpa harus menyentuh tali. Penilaiannya adalah keberhasilan melewati tali jaring dan waktu menyelesaikan permainan. Alat - alat yang dibutuhkan adalah : Stopwatch & Tali untuk membuat jaring.
Posted by SMPN3PULOKULON at 7:40 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar