Pages

Sabtu, 31 Maret 2012

Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIc SMPN I Tajinan Malang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Devisions (STAD) Berbasis Eksperimen Tahun Pelajaran 2011/2012.

ABSTRAK Musawwir.2012. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIc SMPN I Tajinan Malang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Devisions (STAD) Berbasis Eksperimen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing I : Drs. H. Solikhan, S.Si. Pembimbing II : Drs. Sudi Dul Aji, M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif STAD, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA PGRI Gedangan Kelas XI IPA, bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah dengan pendekatan konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa dan keterampilan-keterampilan yang dimiliki siswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan perubahan terhadap pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA PGRI Gedangan. Pendekatan inkuiri terbimbing terdiri dari 5 tahap pembelajaran yaitu identifikasi persoalan, membuat hipotesis, eksperimen dan pengumpulan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan. Di dalam kegiatan inkuiri terbimbing tersebut mencakup kegiatan-kegiatan ilmiah yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I membahas tentang materi tekanan zat padat dan tekanan fluida statis dalam ruang terbuka (tekanan hidrostatis) sedangkan siklus II membahas tentang tekanan fluida statis dalam ruang tertutup (hukum Pascal) dan hukum Archimedes. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 di kelas XI IPA SMA PGRI Gedangan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 83,69% menjadi 89,46% pada siklus II. Sedangkan dari analisis keterampilan proses sains yang dicapai oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung pada siklus I yaitu 81,60% dan pada siklus II 87,59%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 62,92 pada siklus I sebesar 64,44 sedangkan pada siklus II mencapai 71. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar Fisika siswa kelas XI IPA SMA PGRI Gedangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar